5 BIJI BERACUN

1. APEL

Apel bukanlah buah yang asing dan sedikit digemari. selain rasa yang khas untuk para pecintanya juga terkandung banyak manfaat dengan menkonsumsi buah ini. Namun dibalik kelezatannya buah ini juga berbahaya atau mengandung racun pada bijinya, 

Sianida
Menurut para ilmuwan, ternyata biji buah apel ini mengandung sianida.
Sianida memang merupakan salah satu zat yang beracun untuk tubuh. Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang menjelaskan seberapa besar kandungan sianida pada biji apel. Tetapi menurut beberapa ilmuwan, kandungan sianida pada biji apel cukup rendah. Dengan mema
kan biji apel pada satu buah apel memang tidak akan menimbulkan efek sampai kematian. Tetapi apa bila saat memakan apel Anda merasa pusing, mual – mual, dan bekeringat sebaiknya hentikan konsumsi apel dan pergilah ke dokter.


2. CHERI
Siapa sangka buah yang imut dan cantik ini ternyata beracun untuk tubuh. Buah cheri dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dimasak terlebih dahulu. Bagian cheri yang beracun adalah bijinya. Bila bijinya tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji tersebut akan mengeluarkan zat hidrogen sianida.

Hidrogen Sianida
Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Anda pusing berat, muntah – mutah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila Anda memakan buah cheri, maka buang dahulu bijinya.
Jika ada gejala keracunan buah ini, ada baiknya anda segera memeriksakan ke dokter atau minimal konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.


2. APRIKOT

Buah aprikot memang belum begitu terkenal di masyarakat Indonesia. Aprikot merupakan salah satu buah tropis. Bagian aprikot yang beracun sama dengan buah cheri, yaitu pada bijinya.
Zat Beracun pada biji aprikot :
  • Sianida
  • Glikosida sianogen
  • Amigdalin
Biji buah aprikot mengandung racun sianida, glikosida sianogen, dan amigdalin. Zat beracun pada biji buah aprikot dapat menyebabkan pusing berat, muntah – muntah, insomnia, gelisah, rasa haus yang berlebihan, mudah letih, nyeri di persendian, dan rasa sakit pada otot.


4. ACKEE
Ackee adalah buah asal Jamaika. Buah ini memiliki rasa yang enak dan segar. Tetapi jangan memakan buah ini secara langsung tanpa di olah terlebih dahulu. Buah ackee yang dimakan langsung dapat membunuh orang seketika.

Kandungan Mematikan Ackee
Buah ini mengandung racun hypoglycin. Pada awalnya racun ini akan menyebabkan muntah – muntah dan selanjutnya bisa meninggal. Biji dari buah ini pun sangat beracun, maka dari itu walaupun buah ini sudah di masak jangan sampai memakan bijinya.
Jadi harap anda memperhatikan jenis buah ini, terutama jika anda sedang berada di hutan dan ingin konsumsi buah liar. Harap hati-hati.


5. TANAMAN JARAK
Ricin merupakan senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan biji tanaman jarak. Di Indonesia, tanaman jarak lebih dikenal sebagai tanaman yang dikembangkan untuk bahan bakar ramah lingkungan. Senyawa ini dapat mengakibatkan orang tewas karena menyebabkan gangguan sistem peredaran darah dan pernafasan. Dan, bahayanya lagi sampai saat ini belum ditemukan penawarnya.

Dilansir CNN, saat ricin masuk dalam tubuh, satu molekul ricin akan membunuh satu sel. Para ahli medis mengatakan, ricin merupakan pembunuh ganas, sekuat virus anthrax.

Jika senyawa ini terhirup, disuntikkan atau tertelan, kurang dari titik kecil ricin dapat membunuh seseorang dalam waktu 36-48 jam.
Saat ricin tertelan maka akan menyebabkan mual, muntah-muntah, pendarahan dalam pada lambung dan usus. Gejala ini akan berlanjut pada gagal hati, limpa dan ginjal yang menyebabkan kematian seseorang karena rusaknya sistem peredaran darah.

Jika biji kacang jarak ini ditelan utuh, tanpa kerusakan pada kulit biji, maka tidak menimbulkan bahaya. Namun, jika kulit biji rusak dan terkunyah, apalagi tertelan, racun pun bekerja di dalam tubuh.

Jika disuntikkan, racun ricin menyebabkan kematian langsung pada otot dan kelenjar getah bening dekat titik suntikan.Selanjutnya, menyebabkan gagal fungsi organ utama dan perlahan-lahan akan menghilangkan nyawa.

Labels: Kesehatan
Back To Top